Thursday, November 3, 2011

Kami Jiwa Muda

yang muda yang berkuasa, yang muda yang berkarya, yang muda gak mau kalah sama yang tua, yang muda yang memiliki semangat luar biasa, yang muda  yang aus yang aus .. lho ?

hahaha pernah denger kan dari salah satu kalimat diatas itu?
yap, banyak yang mengatakan seperti itu. tapi tak tau juga bagaimana kenyataannya

pemuda, berasal dari kata muda yang berarti masih belia, tidak tua, belum tau apa-apa, tapi ingin tau apa-apa. pemuda menurut artikel yang pernah saya baca itu adalah berani merombak dan bertindak revolusioner terhadap tatanan sistem yang rusak. 

membela yang benar, dan membimbing yang salah. mungkin itu salah satu maksudnya disini. kaya pahlawan bertopeng ya? membela keadilan hahaha tapi apakah si pahlawan vertopeng itu sendiri masih muda?

jiwa muda, jiwa yang tak mengenal takut, tak mengenal lelah, tak mengenal malu, dan memiliki keingin tahuan yang tinggi. apapun bisa dia lakukan bila didasari dengan  kemauan. misalkan, demi seorang perempuan atau seorang pria yang dia suka, dia cintai dan dia sayang, dia rela melakukan apa saja demi mendapatkan itu semua.

yang muda yang memiliki semangat besar, yang mampu mempengaruhi seseorang untuk melalakukan sesuatu atau memberikan suatu kontribusi untuk melakukan perubahan. ternyata dibalik itu semua mereka yang berjiwa muda juga memiliki sisi negativ.

yang berjiwa muda yang memiliki emosi tingkat tinggi, yang berjiwa muda yang memiliki amarah tak terkendali. apakah mahasiswa bisa dibilang muda? lihat saja tingkah laku mereka yang anarki saat melakukan demo di jalan, entah apa yang mereka sampaikan, entah didengarkan atau tidak oleh mereka yang bertanggung jawab. maksud yang bertanggung jawab disini ialah saat mereka para mahasiswa berdemo didepan gedung mpr/dpr atau sejenisnya.

apa teriakan dan orasi mereka yang berdemo didengar oleh mereka yang berdasi, gagah mengenakan mobil mewah duduk didalam gedung besar sana mendengarnya? apa semua orasi mereka dijamin akan dipertanggung jawabkan oleh mereka yang berdasi disana?

buat apa sih kita capek-capek, panas-panasan berdemo dan orasi di pinggir jalan, teriak-teriakan kalau emang kenyataan ayau faktanya suara kita tak didengar dan diabaikan oleh mereka. dibayar enggak capek iya.

lebih baik kita diam, tapi bermanfaat. karna diam itu emas
lebih baik kita buktikan dengan perbuatan, jangan banyak omong kalau toh hasilnya gak ada. lebih baik kita mulai dari hal yang tekecil terlebih dahulu.

sosialisasi, sosialisasi menurut wiki yang saya baca itu ..
sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat.

yap benar, kita ambil contoh anak-anak gelandangan yang hidupnya dikolong jembatan, yang tak sekolah. kita bisa memulainya dengan membuat suatu perkumpulan belajar mengajar bagi mereka yang tak sekolah. kita bisa ajarkan mereka bagaimana caranya berbahasa indonesia yang baik dan benar. karna anak-anak seperti mereka ialah aset dari negara kita, merekalah bibit-bibit yang mungkin kedepannya akan sukses.

jangan terlalu diforsir untuk  belajar mereka, selingkanlah dengan bermain. agar mereka terlihat ceria dalam belajar dan mereka tidak bosan. dengan begini mereka pasti akan senang untuk belajar kedepannya.

didiklah mereka-mereka penerus bangsa sejak dini.
lihat pahlawan kita R.A Kartini, yang berjuang keras sebisa mungkin untuk mengajarkan mereka anak-anak pendidikan sejak dini. sampai beliau ber-akting belajar, sangking di larangnya sekolah pada jaman dulu oleh tentara jepang, karna mereka tidak mau melihat rakyat indonesia itu pintar.

1 comment:

  1. Bermainlah di SmsQQ Kamu akan dapatkan kepuasa dan kenyamanan
    Pelayanan CS cepat dan Ramah.
    Bonus TO yang kami bagikan setiap hari sebesar 0.3%
    Bonus Refferal sebesar 20 % berlaku untuk seumur hdiup mu

    Segera daftarkan ID Anda (Gratis & Mudah)

    ReplyDelete