Definisi Web
Halaman - halaman dari website dapat diakses melalui sebuah URL yang biasanya disebut Homepage. URL ini mengatur halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink - hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan. Beberapa website membutuhkan subskripsi ( data masukan ) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs - situs bisnis, situs - situs e-mail gratis, yang membutuhkan subkripsi agar kita dapat mengakses situs tersebut.
Sejarah Web
Sebuah website dapat berisi hyperlink ( pranala ) yang menghubungkan ke website lain, jadi, terkadang perbedaan antara website yang dibuat oleh individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh organisasi bisnis bisa saja tidak terlalu terlihat.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya dapat berupa komputer pribadi , laptop, PDA ataupun telepon selular.
Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, atau yang disebut HTTP Server, dan pengertian ini dapat menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman - halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services ( IIS ).
Perkembangan web
Web 1.0 secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif Sifat web 1.0 adalah read
Web 2.0
Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah: Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut. Sifat dari web 2.0 adalah read write
karakter web 2.0
Web sebagai platform Data sebagai pengendali utama Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan “open source”) Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan Akhir dari siklus peluncuran (release cycle) perangkat lunak. Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user Teknologi yang dipakai adalah AJAX.
teknik yang digunakan
Cascade style to digunakan untuk bahan isi dan presentasi Falksonomi ( metode penandaan content dimana dengan konsep ini dimunculkan kata - kata yang berkaitan dengan content tersebut ). XML Teknik Aplikasi Internet HTML dan XHTML ( eXtensible HyperText Markup Language ). Weblog - publishing tools Wiki atau forum software, dll.
Web 3.0
Konsep ini dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas buatan ( Artificial Intelegence ). Aplikasi online dalam website dapat saling berinteraksi. Kemampuan interaksi ini dimulai dengan adanya web service.
Sumber
Hypertext
adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah perintah HTML.
Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
USENET
Usenet adalah system perangkat lunak yang mendistribusikan artikel
kebanyak sites diseluruh dunia. Usenet mirip dengan elektronik mail, hanya saja
seluruh artikel yang ada pada usenet dapat dibaca oleh kelompok penggunanya.
Artikel usenet dapat dikategorikan kedalam newsgroup. Dimana tiap newsgroup
mendiskusikan topik tertentu. Contohnya mendiskusikan tentang operasi UNIX yang
dibahas pada newsgroup comp.unix.
Titik-titik biru, hijau, dan merah adalah server.Panah antara server menunjukkan bahwa server berbagi artikel dari kelompok. Panah antara komputer dan server menunjukkan bahwa pengguna berlangganan ke kelompok tertentul download ke dan dari server. Sekitar 5 persen dari newsgroup yang mempunyai moderator. Tugasnya adalah mengkaji artikel apakah layak dikirim atau tidak.
Tom Truscott dan Jim Ellis alumni Duke University Amerika Serikat adalah orang pembuat layanan in pada tahun 1979. Pengguna membaca dan menulis pesan publik (disebut artikel atau posting, dan kolektif disebut berita) ke satu atau lebih kategori, yang dikenal sebagai newsgroup .
Kelebihan
-Usenet memungkinkan untuk bertukar informasi secara kompleks dan lengkap.
-Mempunyai system yang hampir sama dengan BBS.
-Forum dengan cakupan yang luas dan informasinya baru.
-Masing-masing pengguna dapat membaca pesan dari dan ke server lokal yang dioperasikan oleh mereka penyedia layanan Internet ,
-Pemblokiran tidak begitu berpengaruh.
-Usenet memungkinkan untuk bertukar informasi secara kompleks dan lengkap.
-Mempunyai system yang hampir sama dengan BBS.
-Forum dengan cakupan yang luas dan informasinya baru.
-Masing-masing pengguna dapat membaca pesan dari dan ke server lokal yang dioperasikan oleh mereka penyedia layanan Internet ,
-Pemblokiran tidak begitu berpengaruh.
Kekurangan
-Usenet bukan organisasi, demokrasi, hak, jaringan akademis, media iklan maupun Internet.
-Usenet tergantung pada kepopuleranya.
-Usenet banyak menimbulkan kesalah pahaman dalam hal kajian informasi.
-Usenet bukan organisasi, demokrasi, hak, jaringan akademis, media iklan maupun Internet.
-Usenet tergantung pada kepopuleranya.
-Usenet banyak menimbulkan kesalah pahaman dalam hal kajian informasi.
FTP (File Transfer Protokol)
adalah
suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang
mensupport TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP
server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk
tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat
request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke
FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).
Tujuan FTP server adalah sebagai berikut :
1. Untuk men-sharing data.
2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
3. Untuk menyediakan teempat penyimpanan bagi user.
4. Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.
2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
3. Untuk menyediakan teempat penyimpanan bagi user.
4. Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.
FTP sebenarnya cara yang tidak aman untuk
mentransfer file karena file tersebut ditransfer tanpa melalui enkripsi
terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk
transfer data adalah format ASCII atau format Binary. Secara default, ftp
menggunakan mode ASCII untuk transfer data. Karena pengirimannya tanpa
enkripsi, maka username, password, data yang ditransfer, maupun perintah yang
dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer
(Sniffer).
Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu
FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data
yang dikirim terlebih dahulu dienkripsi (dikodekan).
GOPHER
adalah protokol layer
aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan
dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu,
protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya,
tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
Fitur
Protokol ini menawarkan beberapa fitur
yang tidak didukung oleh native Web dan
menerapkan hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya.
Menu teks antarmuka yang mudah digunakan, dan cocok untuk lingkungan komputasi
yang sangat bergantung pada remot teks berorientasi terminal komputer, yang
masih umum pada saat pembentukannya pada tahun 1991,
dan kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien.
Revisi gopher yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.
Dengan struktur hierarki, Gopher
memberikan platform berguna untuk skala besar koneksi
perpustakaan elektronik pertama.
Pengguna Gopher ingat bahwa sistem “lebih cepat dan lebih efisien dan jauh
lebih terorganisir” dari layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar
digantikan oleh Web di tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh
penggemar, dan server populasi kecil tetap aktif dipertahankan. Source :http://id.wikipedia.org/wiki/Gopher
The memex
(Kependekan dari “memori” dan “index”) adalah nama dari hipotetis sistem proto-hypertext yang Vannevar Bush jelaskan pada tahun 1945 dalam artikel The Atlantic Monthly “As We May Think” (AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku (Fie) mereka, catatan, dan komunikasi . The memex akan memberikan “suplemen intim yang diperluas ke memori seseorang”. Konsep memex mempengaruhi perkembangan awal sistem hypertext (yang akhirnya mengarah pada penciptaan World Wide Web) dan perangkat lunak basis pengetahuan pribadi .
Sebuah sistem proto-hypertext
Dalam “As We May Think,” Bush menggambarkan memex sebagai perangkat elektromekanis yang memungkinkan setiap individu untuk mengembangkan dan membaca perpustakaan (library) yang besar, dan mengingat jalur ini setiap saat dipergunakan untuk berbagi dengan para peneliti lain. Perangkat ini erat akan meniru proses asosiatif dari pikiran manusia . Seperti Apa yang telah ditulis oleh Bush , “Dengan demikian ilmu pengetahuan dapat menerapkan cara-cara di mana manusia memproduksi, menyimpan, dan berkonsultasi dengan catatan lainnya” .
Teknologi yang digunakan mengkombinasikan kontrol elektromekanik, kamera mikrofilm dan pembacanya , semua terintegrasi ke dalam sebuah library . Sebagian besar file mikrofilm telah terkandung dalam sebuah library , tetapi pengguna bisa menambah atau menghapus fie mikrofilm sesuka hati.
Kekurangan dari Memex Web Data
Fitur Pencarian dan Metadata yang tidak diadakan . AWMT tidak menggambarkan setiap pencarian otomatis, maupun skema metadata yang universal seperti pengklasifikasian library atau elemen set hypertext seperti inti Dublin. Sebaliknya, ketika pengguna membuat entri, seperti naskah baru , naskah atau gambar. Para pengguna diharapkan untuk mengindeks dan menggambarkannya dalam buku kode masing masing personal
Internet
(kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling
terhubung menggunakan standar sistemglobal Transmission
Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai
protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani
miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini
dinamakan internetworking ("antarjaringan").
Web Science dan Metodologinya
Web science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi
web. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa
gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang
bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait
yang dihubungkan dengan banyak link.
Science adalah ilmu pengetahuan yang
didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi
yang akurat. pada awalnya sebuah usaha bersama antara MIT dan universitas
southtamton yang menghubungkan aspek sosial dengan aspek teknik di dalam WWW
(world wide web).
Pada tahun 2006 MIT sebagai Web Science Research Initiative (WSRI)
atau sebuah lembaga yang bergerak di bidang penelitian web.kemudain di tahun
2009 berganti nama menjadi the Web Science Trust..lalu tim berners-lee sebagai
pemimpin dari program penelitian terebut bermaksud menarik pemerintah dan
swasta terlibat dalam pembuatan kurikulum sebagai syarat untuk lulus sebagai
sarjana.
Beberapa aspek yang mempengaruhi web science :
- Social Networks
- Collaboration
- Understanding online communitie
- Analyzing the human interactions inherent in social media
- Developing “accountability” and other mechanisms for enhancing
privacy and trust on the Web.
Tujuan dari web science : untuk mengetahui bagaimana cara
mengetahui source code dari web itu sendiri dan bagaimana kita dapat
memanfaatkan web tersebut untuk melakukan hal yang positif.
Sejarahnya : paradigma web science muncul dari sebuah riset para
ilmuan-ilmuan,Web Science adalah sebuah ilmu dari desentralisasi sistem
informasi. Web Science membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada
pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari
bahwa World Wide Web adalah teknologi yang berusia baru beberapa tahun, di sisi
lain Web adalah bukan dunia yang statis tetapi super dinamis. Berbagai riset
pada Web Science [Berners-Lee,2006] banyak menekankan pada :
-Trend perkembangan Web.
- Tantangan dalam pengembangan Web.
- Mendukung untuk ubiquity, mobility, new media dan meningkatnya
jumlah data yang tersedia
secara online.
- Pentingnya hal sosial seperti menghargai hak privasi.
Mengidentifikasikan varian dari penelitian Web Secara ringkas
Bernes-Lee mengatakan Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web
telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana
keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan
pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial
secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan. Berbagai penelitian yang
berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping)
dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung,
2001].
Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27%
dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah
metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan
untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan
dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti
akademisi.
Dampak positif teknologi di bidang social:
· Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi
wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan
maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya
merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
· Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan
ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan
dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri
sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat
melecehkan bangsa-bangsa Asia.
Dampak negatif yang diberikan
terhadap dibidang sosial adalah :
· Kemerosotan moral di kalangan warga
masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.Kemajuan
kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai
keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya
dalam materitetapi miskin dalam rohani”.
· Pola interaksi antar manusia yang berubah
kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tanggagolongan menengah ke atas telah
merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkandengan telpon telah
membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar.Program
internet relay chatting (IRC) internet dan e-mail telah membuat orang asyik
dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warnet
memberipeluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran
internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskanwaktunya sendirian dengan
komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC)
anak-anakbisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
c. Dampak teknologi komputer di bidang
ekonomi
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat
pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara
lain:
· Pertumbuhan ekonomi yang semakin
tinggi
· Terjadinya industrialisasi
· Produktifitas dunia industri semakin meningkat
· Persaingan dalam dunia kerja sehingga
menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang
dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada
penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan.
Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami
perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan
yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan
skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
thanks
ReplyDelete