Sunday, March 18, 2012

Ilmu Budaya Dasar

Kali ini gw mau curcol tentang ilmu budaya dasar, yang temanya  gw dapet dari dosen IBD :p *ngambil pulpen*


Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan.


Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa.


Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.


Itu semua gw dapet dari sini *nunjuk*


Nah sedangkan tujuan dari Ilmu Budaya Dasar itu sendiri yaitu :

  1. Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain, yang sebelumnya kenal hanya dari luarnya saja. 
  2. Sebagai bekal penting untuk bergaul dalam bermasyarakat. 
  3. Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya. 
  4. Sebagai calon pemimpin bangsa serta ahli dalam disiplin ilmu tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan kekotaan sebagai disiplin ilmu yang kaku.
  5. Sebagai jembatan para saran yang berbeda keahliannya, lebih mampu berdialog dan lancar dalam berkomunikasi dalam memperlancar pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang, mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun, serta mampu memenuhi tuntutan perguruan tinggi.
  6. Bla bla bla..

itu gw dapet dari sini *nunjik lagi*


Sebagai contoh kasus..


EsBeYe menjadi presiden RI. hal pertama yang perlu beliau lakukan jikalau ingin dapat mau menjadi presiden ialah mengenal kebudayaan Indonesia. bener kan? gak mau tau dia harus hafal tuh yang namanya kebudayaan dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pualau..
gak mungkin dia mengenal budaya dari daerah asalnya aja, egois itu namanya! *gebrak meja*


Jangan sampe kebudayaan asli pribumi negara kita ini di ambil sama negara tetangga kaya malay itu. contohnya, rendang. rendang kan asli dari negara kito, tepatnyo dari daerah serang.. eh maksudnyo padang.


Nah kalo misalkan bapak presiden kito sudah tau samo kebudayaan dari negaro kito, kan enak jadinyo bersosialisasi dengan masyrakat *kenapa jadi gini ngomongnya*

No comments:

Post a Comment