Pemodelan Geometris untuk menciptakan model matematika dari objek 2D dan 3D. 2 Dimensi (2D) merupakan bentuk dari benda yang mempunyai panjang dan lebar sedangkan 3 Dimensi (3D) merupakan bentuk dari benda yang mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
Transformasi dari konsep ke model geometris yang bisa ditampilkan pada komputer :
- shape
- posisi
- cara pandang
- ciri-ciri permukaan
- ciri-ciri volume
- pencahayaan
Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
*) jala-jala segi banyak : segi bersudut banyak yang dihubungkan satu sama lain
*) bentuk permukaan bebas : menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah
*) CSG : membuat bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk primitf
Elemen-elemen pembentuk grafik warna :
1. Sistem visual manusia
2. Kubus warna RGB (sistem koordinat R,G,B sebagai axes) >> R = Red, G = Green, B = Blue
3. Model warna C,M,Y
4, True Color
5. Indexed color
6. High Color
Teknik Geometris secara :
1. The Hack
2. The Good
3. Splines
4. Implicit Surfaces
5. Subdivision Surfaces
6. The Gracefully Degraded
SUMBER
Apa saja transformasi konsep ke model geometris yang bisa ditampilkan pada komputer, seperti shape, posisi, cara pandang, ciri-ciri permukaan, ciri-ciri volume, dan pencahayaan? dan Bagaimana Pemodelan Geometris dapat digunakan untuk membuat jala-jala segi banyak dan bentuk permukaan bebas?
ReplyDeleteRegard Telkom University